Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau

About Us

Foto saya
Alamat : Jl. Garuda No. 66 Kel. Bandung Ujung Kec. Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau Telp. (0733) 324948 Fax. (0733) 324948 Website : kpm.lubuklinggau.go.id

Rabu, 21 April 2010

Potensi Pengembangan Industri Minyak Nilam




POTENSI PENGEMBANGAN
INDUSTRI PENGOLAHAN MINYAK NILAM

Salah satu produk unggulan industri di Kota Lubuklinggau adalah industri dan pengolahan minyak nilam. Aktivitas produksi minyak nilam di kota Lubuklinggau mempunyai potensi yang cukup besar dengan luas  lahan saat ini ± 25 Hektar  yang tersebar di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Utara II serta wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan Lubuklinggau Timur II. Industri olahan minyak nilam ini mempunyai peranan penting dalam perekonomian daerah khususnya Lubuklinggau antara lain :
-  Penyerapan tenaga kerja mulai dari pembibitan sampai dengan pemasaran.
-  Banyak melibatkan industri pendukung dan terkait lainnya (industri pembibitan , mesin dan peralatan, sarana pertanian, jasa transportasi, jasa perdagangan, dll)
-  Minyak Nilam belum banyak dikenal di Indonesia tetapi cukup dikenal di pasaran Internasional
-  Penghasil pendapatan daerah
Industri olahan minyak nilam ini memiliki struktur yang relatif kuat terutama karena :
- Penggunaan bahan baku lokal cukup tinggi
- Produk minyak nilam yang diproduksi dari kota Lubuklinggau memiliki kualitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan daerah penghasil nilam lainnya karena bentuk warna dan aroma telah sesuai dengan standar ekspor dengan tingkat rendemen 33,87 persen.
- Potensi lahan cukup tersedia
-  Teknologi telah dapat dikuasai

Dari 70 ( tujuh puluh ) jenis minyak Asiri yang diperdagangkan di pasaran Internasional, sekitar 9-12 macam/jenis minyak Asiri yang berasal dari Indonesia.
-  Minyak Nilam ( Patchouli Oil ) adalah minyak Asiri yang berasal dari tanaman Nilam yang belum banyak dikenal di Indonesia, tetapi cukup dikenal di pasaran Internasional.
-  Minyak Nilam banyak dimanfaatkan sebagai bahan :
o Campuran (kosmetik,parfum,sabun, pasta gigi, shampo, deodoran)
o Industri makanan (Essence, penambah rasa,dll)
o Farmasi (anti radang, anti fungi, dll)
o Sebagai bahan baku pengawetan barang serta kebutuhan industri lainnya

-  Kekhasan aroma, warna dan komponen yang terkandung dalam minyak Nilam asal Indonesia memiliki kelebihan tersendiri, sehingga sangat diminati dipasaran internasional.    Dari 100% minyak Nilam yang ada dipasaran dunia,  70% diantaranya berasal dari Indonesia.
-  Untuk menghasilkan minyak Nilam dengan kualitas yang baik, sangat dipengaruhi oleh bahan baku, proses produksi/penyulingan serta pengemasan
-  Proses produksi/penyulingan yang dipakai sangat berpengaruh terhadap standar kualitas minyak Nilam berdasarkan wujud, warna, dan aroma (wujud : cairan kental, warna : kuning bernuansa hijau hingga merah menjurus coklat tua, aroma : spesifik mirip jeruk nipis atau kamper)

Selanjutnya hal yang sangat penting guna meningkatkan dan memacu produksi industri maka dilakukan:
-     Pengadaan pelatihan tehnis dan pembinaan  terutama bagi industri-industri sekala kecil/rumah tangga.
-     Bantuan permodalan bagi pengembangan industri rumah tangga
-     Kemitraan antara petani tanaman Nilam dengan pabrik olahan untuk menjamin keseimbangan suplai dan demand baik lokasi, jenis,  jumlah, dan mutu tanaman Nilam.


6 komentar:

Admin mengatakan...

assalamu'alaikum pak,saya sedang membutuhkan minyak nilam dalam jumlah banyak n kontinue.adakah petani yang mau jual?jika berminat jual ke saya bisa k email saya di zaki.khan84@gmail.com...terima kasih

Anonim mengatakan...

salam,,,saya mengajukan diri menjadi tenaga ahli dalam budidaya penanaman nilam,,,penyakit buduk dan layu bakteri sering menyerang tanaman nilam..insya allah saya bisa menanggulaginya dan pengobatannya,,,email saya,,,saidmasud@ymail.com. hp. 081370818060

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum pak,saya juga sedang membutuhkan minyak nilam dalam jumlah banyak dan kontinue. Adakah petani atau pedagang yang mau jual?
jika berminat jual ke saya bisa email saya di aziss93@gmail.com
Terima kasih
Wassalam

coretan tinta mengatakan...

makin maju aja nih linggau. i love you linggau

Unknown mengatakan...

Ready stock minyak nilam, jika berminat hubungi saya di email: tamairtasa@gmail.com hp: 081218684816

Unknown mengatakan...

Ready stock minyak nilam, jika berminat hubungi saya di email: tamairtasa@gmail.com hp: 081218684816

Posting Komentar